728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 06 September 2016

Minat Baca Warga Meningkat, Perpustakaan Langsa Terus Berbenah

Langsa Cerdas
LANGSA – Minat baca warga Kota Langsa, Aceh, terus mengalami peningkatan. Salah satu indikatornya terlihat dari makin bertambahnya anggota perpustakaan dari tahun ke tahun. Data dari Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Langsa menunjukkan, tahun 2015 keseluruhan anggota perpustakaan mencapai 2.774 orang.
“Tahun ini diperkirakan sudah mencapai 3 ribu anggota,” kata Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Langsa, Iskandar, kepada GoAceh, Senin (5/9/2016), di Gedung Perpustakaan, Jalan Cut Nyak Dhien, Langsa.

Pihak pengelola juga terus melakukan berbagai pembenahan, agar minat baca dan pengunjung perpustakaan semakin meningkat. “Program yang sudah berjalan yaitu dengan mengadakan perpustakaan keliling. Rutenya seputaran Kota Langsa. Di perpustakaan keliling ini, warga hanya bisa membaca. Untuk meminjam buku, harus datang ke perpustakaan dan menjadi anggota terlebih dahulu,” ujar Iskandar.

Untuk lebih memanjakan peminat dalam membaca, pihaknya juga melakukan penambahan buku. Buku yang ada sekarang sekitar 5 ribu judul. “Ini masih sangat kurang. Makanya, tiap tahun kami ajukan pengadaan buku baru. Tentunya, semua tergantung anggaran yang ada,” jelas pria yang gemar menulis ini.

Kebutuhan akan internet juga menjadi perhatiannya. Karena itu di perpustakaan disediakan wifi gratis, agar pengunjung betah berlama-lama di perpustakaan.

Pria kelahiran Sigli, 11 Agustus 1961 ini, sangat mendambakan gedung perpustakaan yang nyaman dan modern. Semuanya harus terkoneksi dengan komputer. “Kalau sudah sistem komputerisasi, untuk mendaftar jadi anggota bisa online. Lima menit selesai. Anggota juga bisa mengecek buku-buku yang ada melalui komputer,” tandasnya.
Sumber : GoAceh
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Minat Baca Warga Meningkat, Perpustakaan Langsa Terus Berbenah Rating: 5 Reviewed By: Unknown